Skip to main content

Penanganan Event / Event Handling




B.


DASAR TEORI

User bisa berinteraksi dengan program aplikasi melalui sejumlah komponen. Sebagai contoh, setelah memasukkan data-data yang diperlukan pada proses login, kita menekan sebuah button untuk memasukkan data-data tersebut ke dalam program. Dalam hal ini objek button tersebut menerima event click. Tidak hanya objek button yang bisa menerima event. Objek lain seperti textfield juga bisa menerima event, hanya saja jenis event yang terjadi pada objek textfield berbeda dengan objek button. Jadi kita harus memahami jenis event apa yang bisa dikenakan terhadap suatu jenis objek tertentu.

Java menerima event melalui sebuah interface. Setiap komponen yang akan menerima suatu event harus disetting terlebih dahulu agar terasosiasi dengan event tersebut. Tanpa didahului dengan proses asosiasi ini, sebuah komponen tidak akan bisa "menangkap" (Java memberi istilah "mendengar" / listening) suatu event walaupun sesungguhnya bisa. Sebagai contoh, jika kita memasang sebuah objek button untuk membatalkan suatu proses, sebelum kita mengasosiasi objetersebut dengaevent  yang menanganclick  mouse maka  button tersebut  tidaakan


memberikan efek pembatalan proses pada saat kita melakukan proses click tombol mouse di atasnya.

Bagian ini membahas tentang bagaimana proses interaksi antara user dan program melalui sejumlah komponen dapat terjadi. Dari sejumlah interface untuk menangani event yang disediakan oleh Java, kita akan membahas 4 (empat) saja yang kami rasa mudah dimengerti sebagai pengantar untuk memahami interface-interface yang lain. Keempat interface tersebut adalah:
1.   Interface ActionListener

2.   Interface MouseListener

3.   Interface MouseMotionListener

4.   Interface KeyListener



Interface pertama akan menangkap event yang ditimbulkan oleh mouse dan keyboard, interface kedua dan ketiga akan menangkap event yang ditimbulkan oleh mouse dan interface keempat akan menangkap event yang ditimbulkan oleh keyboard. Mouse dan keyboard adalah dua piranti yang sudah sangat umum digunakan pada komputer masa kini.  download disini

Comments

Popular posts from this blog

UAS E-Learning 2018

Soal: Buatlah blog/website dengan tema: Pendidikan dengan ketentuan: a. terdapat posting dengan konten:         1. Dua artikel/ materi pelajaran yang didalamnya terdapat gambar         2. Soal multiple choice yang dibuat dengan google form (10 soal) dan dilink kan ke blog ini         3. video yang sudah dibuat berkelompok kemarin (upload di youtube dan masukkan video ke postingan blog) berserta laporan pembuatannya       b. setiap posting harus memiliki label (UAS , IAIN Kediri, Prodi Anda) c. setiap postingan harus terdapat identitas anda (Nama, NIM, Kelas) d. Kumpulkan link blog yang sudah anda buat ke edmodo e. Kumpulkan link blog yang sudah anda buat ke kolom komentar di blog saya: https://udinulis.blogspot.com/2018/12/uas-e-learning-2018.html f. Pengumpulan UAS terakhir pada tanggal 15 Desember 2018

Final Project E-Commerce

Tugas Akhir untuk matakuliah E-Commerce. Deskripsi: Buatlah sebuah produk model bisnis E-Commerce yang menarik (forum, toko online, affiliate, broker dll) Ketentuan: Project dikerjakan berkelompok sesuai dengan kelompok sebelumnya Project jika berupa toko online harus lengkap dengan barang yang akan dijual Buatlah satu halaman artikel atau post yang memuat identitas kelompok (kelas, nama, nim) Project akan dikoreksi pada tanggal 6 Juni 2015 Project yang diupload lebih dari tanggal 6 Juni 2015 tidak akan dikoreksi dan kelompok akan dianggap tidak mengumpulkan project kumpulkan link website project anda ke halaman komentar di posting ini lengkap dengan kelas dan nomor kelompok

Final Project - Pemrograman Berorientasi Objek 2013/2014

FINAL PROJECT| PBO   KETENTUAN 1.        Project akhir dikerjakan secara berkelompok sesuai dengan bentukan kelompok yang sudah dibuat 2.        Tentukan ketua project yang akan membagi tugas pembangunan project kepada anggota masing-masing 3.        Final project berupa pembuatan suatu program aplikasi berbasis java yang sudah mendukung operasi database dan didalamnya telah mengimplementasikan konsep-konsep PBO (encapsulasi, pewarisan, polimorfisme) 4.        Kelompok harus membuat laporan dokumentasi program 5.        Program yang dibuat harus sesuai dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya dan masing-masing kelompok harus berbeda tema 6.        Berikut adalah topik tema yang dapat diambil untuk final project: a.        Program kasir(penjualan / pembelian) b.        Program reservasi hotel c.        Program inventory/pergudangan d.        Program system akademik e.        Program penilaian siswa/mahasiswa f.         Program ren