Skip to main content

Materi PBO Ke 6. GUI

GUI atau Graphical User Interface adalah suatu model antar muka computer yang menggunakan objek-objek grafis sebagai media interaksi dengan user. Model antar muka ini dihadirkan untuk menggantikan model klasik yang berbasis teks. Ada beberapa pertimbangan ketika mengimplementasikan GUI kedalam aplikasi kita yaitu:
1.      Kecepatan Proses: aplikasi dengan GUI membutuhkan banyak proses
2.      Klasifikasi Pengguna
3.      Kondisi perangkat yang digunakan
JFrame
Class JFrame adalah turunan dari pengembangan class Frame. Secara teknis class Jframe berbeda dengan class frame. Class JFrame akan menganggap bahwa hanya ada satu komponen yang bisa ditampilkan kedalamnya.
AWT
AWT atau Abstract window Toolkit adalah istilah bagi sekumpulan objek GUI yang dibawa java di awal kemunculannya. AWT adalah kumpulan objek pendukung pemrograman yang hingga saat ini masih dipakai.
Swing

Swing adalah sebutan bagi objek visual yang dibawa oleh Java 2 dan merupakan penyempurnaan dari AWT. Beberapa class dari swing antara lain adalah JButton, JCheckBox, JComboBox, JLabel, JTextField dan JTextArea.
Modul lengkapnya dapat didownload disini 

Comments

Popular posts from this blog

UAS E-Learning 2018

Soal: Buatlah blog/website dengan tema: Pendidikan dengan ketentuan: a. terdapat posting dengan konten:         1. Dua artikel/ materi pelajaran yang didalamnya terdapat gambar         2. Soal multiple choice yang dibuat dengan google form (10 soal) dan dilink kan ke blog ini         3. video yang sudah dibuat berkelompok kemarin (upload di youtube dan masukkan video ke postingan blog) berserta laporan pembuatannya       b. setiap posting harus memiliki label (UAS , IAIN Kediri, Prodi Anda) c. setiap postingan harus terdapat identitas anda (Nama, NIM, Kelas) d. Kumpulkan link blog yang sudah anda buat ke edmodo e. Kumpulkan link blog yang sudah anda buat ke kolom komentar di blog saya: https://udinulis.blogspot.com/2018/12/uas-e-learning-2018.html f. Pengumpulan UAS terakhir pada tanggal 15 Desember 2018

Final Project E-Commerce

Tugas Akhir untuk matakuliah E-Commerce. Deskripsi: Buatlah sebuah produk model bisnis E-Commerce yang menarik (forum, toko online, affiliate, broker dll) Ketentuan: Project dikerjakan berkelompok sesuai dengan kelompok sebelumnya Project jika berupa toko online harus lengkap dengan barang yang akan dijual Buatlah satu halaman artikel atau post yang memuat identitas kelompok (kelas, nama, nim) Project akan dikoreksi pada tanggal 6 Juni 2015 Project yang diupload lebih dari tanggal 6 Juni 2015 tidak akan dikoreksi dan kelompok akan dianggap tidak mengumpulkan project kumpulkan link website project anda ke halaman komentar di posting ini lengkap dengan kelas dan nomor kelompok

Final Project - Pemrograman Berorientasi Objek 2013/2014

FINAL PROJECT| PBO   KETENTUAN 1.        Project akhir dikerjakan secara berkelompok sesuai dengan bentukan kelompok yang sudah dibuat 2.        Tentukan ketua project yang akan membagi tugas pembangunan project kepada anggota masing-masing 3.        Final project berupa pembuatan suatu program aplikasi berbasis java yang sudah mendukung operasi database dan didalamnya telah mengimplementasikan konsep-konsep PBO (encapsulasi, pewarisan, polimorfisme) 4.        Kelompok harus membuat laporan dokumentasi program 5.        Program yang dibuat harus sesuai dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya dan masing-masing kelompok harus berbeda tema 6.        Berikut adalah topik tema yang dapat diambil untuk final project: a.        Program kasir(penjualan / pembelian) b.        Program reservasi hotel c.        Program inventory/pergudangan d.        Program system akademik e.        Program penilaian siswa/mahasiswa f.         Program ren