Friday, December 27, 2013

Tugas Struktur Data - Searching

Pencarian(Searching)

Tujuan

1.    Menunjukkan beberapa algoritma dalam Pencarian

2.    Menunjukkan  bahwa  pencarian  merupakan  suatu  persoalan  yang  bisa diselesaikan dengan beberapa algoritma yang berbeda
3.    Dapat  memilih  algoritma  yang  paling  sesuai  untuk  menyelesaikan  suatu permasalahan pemrograman




Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita sering melakukan pencarian data. Sebagai contoh, jika kita menggunakan Kamus untuk mencari kata-kata dalam Bahasa Inggris yang belum diketahui terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Contoh lain saat kita menggunakan buku telepon untuk mencari  nomor telepon teman atau kenalan dan masih banyak contoh yang lain.
Pencarian data sering juga disebut table look-up atau storage and retrieval information adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.
Algoritma  pencarian  (searching  algorithm)  adalah  algoritma  yang  menerima sebuah argumen kunci dan dengan  langkah-langkah tertentu akan mencari rekaman dengan kunci tersebut.   Setelah proses pencarian dilaksanakan, akan diperoleh salah satu dari dua kemungkinan, yaitu data yang dicari ditemukan (successful) atau tidak ditemukan (unsuccessful).
Metode pencarian data dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pencarian internal (internal searching) dan pencarian eksternal (external searching).   Pada pencarian internal, semua rekaman yang diketahui berada dalam pengingat komputer sedangakan pada pencarian eksternal, tidak semua rekaman yang diketahui berada dalam pengingat komputer, tetapi ada sejumlah rekaman yang tersimpan dalam penyimpan luar misalnya pita atau cakram magnetis.


Selain itu metode pencarian data juga dapat dikelompokka menjadi pencarian statis (static searching) dan pencarian dinamis (dynamic searching).  Pada pencarian statis, banyaknya rekaman yang diketahui dianggap tetap, pada pencarian dinamis, banyaknya rekaman yang diketahui bisa berubah-ubah yang disebabkan oleh penambahan atau penghapusan suatu rekaman.
Ada dua macam teknik pencarian yaitu pencarian sekuensial dan pencarian biner. Perbedaan dari dua teknik ini terletak pada keadaan data.   Pencarian sekuensial digunakan apabila data dalam keadaan acak atau tidak terurut.  Sebaliknya, pencarian biner digunakan pada data yang sudah dalam keadaan urut.


TUGAS

1.    Buatlah fungsi main dari algoritma pencarian berurutan dan binary search dari dua penjelasan di atas
2.    Buat laporan dalam bentuk document (*.docx) yang berisi kode program, print screen hasil kode dan penjelasan program sesuai dengan pemahaman anda masing-masing.
3.    Kumpulkan dengan format:
a.    P9_kelas_4digit nim terakhir.docx
b.    Contoh P9_2A_9942.docx
c.    Tugas dikumpulkan terakhir tanggal 3 Januari 2014
d. Di kirim ke papersakti@gmail.com

0 comments:

Post a Comment