SATUAN ACARA PERKULIAHAN
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
2012/2013
MATA KULIAH : Algoritma
Dan Pemrograman I
FAKULTAS : Teknik Informatika
JURUSAN / JENJANG : Teknik Informatika / S1
SKS :
6 SKS
DOSEN PENGAMPU : Ahmad Syamsudin, S.Kom
POKOK
BAHASAN
|
SUB
POKOK BAHASAN
|
TUJUAN
|
|
INSTRUKSIONAL
UMUM
[T I U]
|
INSTRUKSIONAL
KHUSUS
[T
I K]
|
||
1 Pengenalan AP II
|
#defin1.1 Konsep
Dasar Algoritma & Pemrograman
1.1.1 Definisi Algoritma
1.1.2 Notasi Algoritma
1.2 Pendahuluan
1.2.1 Sejarah Bahasa C++
1.2.2 Struktur Program C++
1.2.3 Contoh Program
1.3 File Judul
1.4 Preprocessor (e)
|
Setelah mengikuti perkuliahan
Algoritma & Pemrograman II ini diharapkan mahasiswa :
1.
Mengetahui dan
memahami konsep dasar Algoritma & Pemrograman
2.
Mengetahui
Sejarah perkembangan Bahasa C++ dan dapat membuat program sederhana
3.
Mengetahui dan
memahami File Judul
4. Mengetahui dan memahami Preprocesor
|
Setelah mengikuti mata kuliah ini
mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan secara singkat yang dimaksud
dengan Algoritma.
2. Memaparkan Sejarah Bahasa C++
3.
Menjelaskan
Struktur Program C++
|
Kegiatan Belajar Mengajar :
Penjelasan,tanya jawab dan
praktek
Media dan Alat Pengajaran
: White Board, LCD PROJECTOR dan
Komputer
Sumber Pustaka
:
1.
Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects.
Boston: Addison-Wesley. 2011
2.
Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition.
Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.
Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++
with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.
Kadir, Abdul. Algoritma
Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
Pertemuan Ke :
3/4
POKOK
BAHASAN
|
SUB
POKOK BAHASAN
|
TUJUAN
|
|
INSTRUKSIONAL
UMUM
[T I U]
|
INSTRUKSIONAL
KHUSUS
[T
I K]
|
||
Konsep Tipe
Data
Operator
|
1.1 Mengenal Tipe Data
(jenis)
1.2 Mengenal Variabel
1.3 Mengenal Konstanta
2.1 Operator Aritmetika
2.2 Operator Unary
2.3 Operator Pengerjaan
2.4 Operator Hubungan
2.5 Operator Logika
2.6 Operator Bitwise
2.7 Kuis I
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini
diharapkan mahasiswa :
1.
Mengetahui dan
memahami berbagai jenis tipe data,variable dan konstanta.
2.
Mengetahui dan
memahami Operator Bahasa C++
|
Setelah mengikuti mata kuliah ini
mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Mengerti
jenis-jenis Tipe Data, Variabel, Konstanta dan pemakaiannya dalam program C++
2.
Mengerti
Operator-operator C dan penggunaannya dalam program.
|
Kegiatan Belajar Mengajar :
Penjelasan,tanya jawab dan
praktek
Media dan Alat Pengajaran
: White Board, LCD PROJECTOR dan
Komputer
Sumber Pustaka
:
1.
Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects.
Boston: Addison-Wesley. 2011
2.
Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition.
Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.
Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++
with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.
Kadir, Abdul. Algoritma
Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
Pertemuan
Ke : 5
POKOK
BAHASAN
|
SUB
POKOK BAHASAN
|
TUJUAN
|
|
INSTRUKSIONAL
UMUM
[T I U]
|
INSTRUKSIONAL
KHUSUS
[T
I K]
|
||
1.Fungsi Output
2.Fungsi Input
|
1.1 Menampilkan Hasil di
Layar
1.1.1 Fungsi-fungsi
yang digunakan
1.1.2 Menampilkan
Hasil Terformat
1.1.3 Menampilkan
Hasil Tidak Terformat
1.2 Memasukan Data
1.2.1Fungsi-fungsi yang
digunakan
1.2.2
Memasukan Data Terformat
1.2.3Memasukan Data Tidak
Terformat
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :
Mengetahui dan memahami fungsi Input
& Output
Mampu membedakan Data Terformat Dan Tidak
Terformat
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
1. Mengerti
dan memahami fungsi Input & Output
2. Mengerti
dan bisa membuat program dengan memanfaatkan fungsi Input & Output
|
Kegiatan Belajar Mengajar :
Penjelasan,tanya jawab dan
praktek
Media dan Alat Pengajaran
: White Board, LCD PROJECTOR dan
Komputer
Sumber Pustaka
:
1.
Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects.
Boston: Addison-Wesley. 2011
2.
Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition.
Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.
Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++
with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.
Kadir, Abdul. Algoritma
Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
Pertemuan Ke :
6/7
POKOK
BAHASAN
|
SUB
POKOK BAHASAN
|
TUJUAN
|
|
INSTRUKSIONAL
UMUM
[T I U]
|
INSTRUKSIONAL
KHUSUS
[T
I K]
|
||
Mengendalikan
Proses Program
|
1 Penyeleksian Kondisi
1.1 Arti Seleksi Kondisi
2 Statemen IF
2.1 If Tunggal
2.2 If – Else
2.3 If Bersarang
Statemen Switch
3.1Switch Tunggal
3.2 Switch Bersarang
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :
1. Mengetahui
dan memahami konsep dasar seleksi kondisi dalam rangka mengenalikan
proses program
2. Mampu
menerapkan dalam pembuatan program.
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
1. Mampu
menjelaskan Konsep dasar seleksi kondisi.
2. Mampu
menjelaskan statemen yang digunakan dalam seleksi kondisi
3. Mampu
menerapkan dalam pembuatan program
|
Kegiatan Belajar Mengajar :
Penjelasan,tanya jawab dan
praktek
Media dan Alat Pengajaran
: White Board, LCD PROJECTOR dan
Komputer
Sumber Pustaka
:
1.
Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects.
Boston: Addison-Wesley. 2011
2.
Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition.
Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.
Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++
with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.
Kadir, Abdul. Algoritma
Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
Pertemuan Ke :
8
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
|
UTS
|
Materi
Pertemuan 1 – 7
|
|
Pertemuan
Ke : 9\10\11
POKOK
BAHASAN
|
SUB
POKOK BAHASAN
|
TUJUAN
|
|
INSTRUKSIONAL
UMUM
[T I U]
|
INSTRUKSIONAL
KHUSUS
[T
I K]
|
||
Pengulangan Proses Program
|
1. Pengertian
Pengulangan (looping)
2. Statemen
For
3. Statemen
While
4. Statemen
While-Do
5. Loop
didalam Loop
6. Statemen
Continue
7. Statemen
Break
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :
1. Mengetahui
dan memahami konsep dasar Pengulangan
2. Mengetahui
dan memahami statemen yang dipakai dalam proses pengulangan
3. Mengetahui
dan memahami penerapan statemen pengulangan dalam pembuatan program.
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
1. Mampu
mejelaskan pengertian pengulangan proses program
2. Mampu
menjelaskan statemen –statemen pengulangan proses program
3. Mampu
membuat program pengulangan
|
Kegiatan Belajar Mengajar :
Penjelasan,tanya jawab dan
praktek
Media dan Alat Pengajaran
: White Board, LCD PROJECTOR dan
Komputer
Sumber Pustaka
:
1.
Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects.
Boston: Addison-Wesley. 2011
2.
Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition.
Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.
Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++
with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.
Kadir, Abdul. Algoritma
Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
Pertemuan
Ke : 12\13
POKOK
BAHASAN
|
SUB
POKOK BAHASAN
|
TUJUAN
|
|
INSTRUKSIONAL
UMUM
[T I U]
|
INSTRUKSIONAL
KHUSUS
[T
I K]
|
||
ARRAY
|
1.Pengertian Array
2.Deklarasi Array
3.Beda Array dengan Variabel Biasa
4. Array Berdimensi
4.1 Satu
4.2 Dua
4.3 Banyak
5.Inisialisasi Array Tak Beraturan
6. II Kuis
|
Setelah
mengikuti perkuliahan Algoritma & Pemrograman II ini diharapkan mahasiswa
:
1. Mengetahui
dan memahami Konsep Array
2. Mengetahui
dan memahami Deklarasi Array berdimensi Satu, Dua dan Banyak
|
Setelah
mengikkuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:
1. Mengerti dan
bisa membuat program dengan Array dimensi Satu, Dua dan Banyak
2. Mengerti dan
memahami perbedaan Array dengan Variabel
|
Kegiatan Belajar Mengajar : Penjelasan,tanya
jawab dan praktek
Media dan Alat Pengajaran
: White Board, LCD PROJECTOR dan
Komputer
Sumber Pustaka
:
1.
Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects.
Boston: Addison-Wesley. 2011
2.
Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition.
Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.
Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++
with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.
Kadir, Abdul. Algoritma
Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
Pertemuan
Ke : 14\15
POKOK
BAHASAN
|
SUB
POKOK BAHASAN
|
TUJUAN
|
|
INSTRUKSIONAL
UMUM
[T I U]
|
INSTRUKSIONAL
KHUSUS
[T
I K]
|
||
Fungsi
|
1. Konsep
Dasar Fungsi
2. Mendefinisikan
Fungsi
3. Deklarasi
Fungsi
4. Prototype
Fungsi
5. Ruang
Lingkup Variabel
5.1 Variabel Lokal
5.2 Variabel Global
5.3 Variabel Statik
6.Pengiriman Parameter
6.1
Secara Nilai
6.2
Secara Acuan
7. Rekursi
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :
1. Mengetahui
dan memahami konsep Dasar Fungsi
2. Mengetahui
cara mendeklarasikan Fungsi
3. Mengetahui
Cara Menbuat Fungsi
4. Mengetahui
dan bisa mengirim parameter
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
1. Mampu
mejelaskan Fungsi
2. Mampu
membuat Program yang memuat Fungsi
|
Kegiatan Belajar Mengajar :
Penjelasan,tanya jawab dan
praktek
Media dan Alat Pengajaran
: White Board, LCD PROJECTOR dan
Komputer
Sumber Pustaka
:
1.
Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects.
Boston: Addison-Wesley. 2011
2.
Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition.
Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.
Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++
with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.
Kadir, Abdul. Algoritma
Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
Pertemuan ke 16 : UAS
2 Comments
thanks pak ahmad atas informasinya ...salam 1G
ReplyDeleteok.
ReplyDelete