Skip to main content

Game Pembelajaran Cisco 'Melacak Koruptor' part I


Alhamdulillah...., setelah berjuang sekuat tenaga, menyeberang badai, bermandi darah (hwehehe) akhirnya kelar juga skripsi yang uda setahun ngadat ga selesai2.
tulisan ini akan dibuat bertahap sehingga tidak akan menghilangkan esensi dari pembahasan kita. Disini ane pingin bahas skripsi ane tentang game pembelajaran yang akan ditinjau dari dua sisi. nyang pertama dari sisi programming nya dan kedua dari cara mainnya...(kalo sempat :D)
melacak koruptor
melacak koruptor
baiklah dimulai dari pembahasan yang pertama.

game simulasi cisco router ini menyajikan materi antara lain pembelajaran subnetting, routing, setting nat dan access list standard. game ini dibuat dengan menggunakan game engine GTGE dengan konsep yang sebagian besar dari game profesional "hacker evolution" . berawal dari senengnya penulis akan game dan buntunya ide skripsi saat itu, ya uda penulis memutuskan untuk membuat skripsi game simulasi ini. skripsi ini dibuat dengan memanfaatkan game engine gtge dengan penggunaan metode top-down parsing. pemanfaatan top-down parsing ini Pendekatan yang dilakukan dalam mendesain top-down grammar yaitu adalah dengan mendesain masalah kedalam komponen. Masalah yang ada dalam hal ini adalah sintaks game, dapat dipecah dan pisahkan menjadi beberapa komponen berupa token. Langkah yang digunakan dalam mendesain parser menggunakan metode ini yang pertama adalah dengan mendefinisikan parser yang diinginkan menjadi komponen dari subparser. Langkah kedua adalah mengulangi langkah pertama sampai setiap subparser terdefinisikan. dengan penjelasan seperti ini...
Crack [target]      =  crack core.counter.com
Scan [target]        = scan core.counter.com
Upgrade [target]  =   upgrade memory1
Untuk melakukan proses parsing pada ketiga command diatas pertama ditentukan dahulu inisialisasi grammar yang ingin dibuat yaitu notConnected grammar. Setelah inisialisasi selesai, selanjutnya ditentukan parser dari grammar notCennected tersebut. Maka ditentukan  rule pertama dari grammar yaitu:
notConnected = crackCommand | scanCommand | upgradeCommand
Kemudian diperluas kearah kanan definisi dari  rule diatas. Sebagai contoh untuk parser <crack>. Terdapat dua potong komponen dalam kode sintaks di atas yaitu [crack] dan [core.counter.com]. crack menjadi valid command word pertama dari sintaks,  karena crack sudah terdaftar dalam rule grammar. Kemudian core.counter.com menjadi second word dari valid command word dan didefinisikan sebagai target.
notConnected = crackCommand | scanCommand | upgradeCommand
crackCommand = “crack” “target”.
Dari perintah diatas parser <crack> oleh parse engine akan dikonversi menjadi bentuk caselessLiteral sehingga inputan dalam bentuk huruf besar atau kecil tetap dapat diterima. Kemudian merujuk pada perintah string di atas subparser <target> selalu merupakan “single word”, sehingga penentuan rule pada subparser target menjadi seperti ini.
notConnected = crackCommand | scanCommand | upgradeCommand
crackCommand = “crack” “target”.
Target       = word
Selanjutnya, rules dari desain grammar di atas dapat dilengkapi dengan mengulang langkah sebelumnya terhadap parser yang lain. Penggunaan metode top-down parsing dalam pengkodean sintaks game dapat dibagi menjadi empat state yang masing-masing state memiliki grammar unik dan berbeda.
demikian penjelasan sistem secara singkat. game tersebut dapat agan unduh  disini

Comments

Popular posts from this blog

Final Project E-Commerce

Tugas Akhir untuk matakuliah E-Commerce. Deskripsi: Buatlah sebuah produk model bisnis E-Commerce yang menarik (forum, toko online, affiliate, broker dll) Ketentuan: Project dikerjakan berkelompok sesuai dengan kelompok sebelumnya Project jika berupa toko online harus lengkap dengan barang yang akan dijual Buatlah satu halaman artikel atau post yang memuat identitas kelompok (kelas, nama, nim) Project akan dikoreksi pada tanggal 6 Juni 2015 Project yang diupload lebih dari tanggal 6 Juni 2015 tidak akan dikoreksi dan kelompok akan dianggap tidak mengumpulkan project kumpulkan link website project anda ke halaman komentar di posting ini lengkap dengan kelas dan nomor kelompok

UAS E-Learning 2018

Soal: Buatlah blog/website dengan tema: Pendidikan dengan ketentuan: a. terdapat posting dengan konten:         1. Dua artikel/ materi pelajaran yang didalamnya terdapat gambar         2. Soal multiple choice yang dibuat dengan google form (10 soal) dan dilink kan ke blog ini         3. video yang sudah dibuat berkelompok kemarin (upload di youtube dan masukkan video ke postingan blog) berserta laporan pembuatannya       b. setiap posting harus memiliki label (UAS , IAIN Kediri, Prodi Anda) c. setiap postingan harus terdapat identitas anda (Nama, NIM, Kelas) d. Kumpulkan link blog yang sudah anda buat ke edmodo e. Kumpulkan link blog yang sudah anda buat ke kolom komentar di blog saya: https://udinulis.blogspot.com/2018/12/uas-e-learning-2018.html f. Pengumpulan UAS terakhir pada tanggal 15 Desember 2018

Final Project - Pemrograman Berorientasi Objek 2013/2014

FINAL PROJECT| PBO   KETENTUAN 1.        Project akhir dikerjakan secara berkelompok sesuai dengan bentukan kelompok yang sudah dibuat 2.        Tentukan ketua project yang akan membagi tugas pembangunan project kepada anggota masing-masing 3.        Final project berupa pembuatan suatu program aplikasi berbasis java yang sudah mendukung operasi database dan didalamnya telah mengimplementasikan konsep-konsep PBO (encapsulasi, pewarisan, polimorfisme) 4.        Kelompok harus membuat laporan dokumentasi program 5.        Program yang dibuat harus sesuai dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya dan masing-masing kelompok harus berbeda tema 6.        Berikut adalah topik tema yang dapat diambil untuk final project: a.        Program kasir(penjualan / pembelian) b.        Program reservasi hotel c.        Program inventory/pergudangan d.        Program system akademik e.        Program penilaian siswa/mahasiswa f.         Program ren