Friday, December 24, 2010

Diagnosis Kerusakan Chipset Mainboard Acer


Siang yang panas, angin sepoi berhembus perlahan di loteng belakang rumah memberikan kesejukan bagi mahasiswa udzur ini leyeh2 sambil ngutak utik soundfx game yang bakal jadi skripsi. Enak-enak ngulik fruity loop tiba-tiba..... duuuuuuung... suara aneh keluar dari laptop pertanda sistem hang karena keyboard juga mengalami malfunction. Karena saat itu batrei dalam keadaan terlepas dan langsung menggunakan charge kabel maka tanpa pikir panjang tak cabut aja tu kabel. setelah membaca mantra sukses aku hidupkan lagi panjul (nama laptop ku), tuut... terdengar gemerisik indah suara mesin mencoba membuat hubungan dan memproses perintah dengan kecepatan super. Namun kemudian suara tersebut padam ditambah lagi layar lcd yang tetap gelap melengkapi penderitaanku siang itu. Ha, ada apa ini ? apa yang terjadi dengan si panjul. meski power lednya hidup, sipanjul ga mau nyala !!!. Berharap bahwa si panjul tadi cuma bercanda, aku matikan powernya dan ku tunggu beberapa jam sebelum ku hidupkan lagi.
Setelah beberapa jam....

Sore, sehabis dari mushola (aku sengaja kemushola dan berlama-lama berdoa) agar sipanjul becandanya ga serius, kemudian aku hidupkan lagi powernya, dan... si panjul tetep ngambek. wadu, kenapa ini. apa dosa hamba !!! padahal seluruh skripsi dan program game yang sedang ku kerjakan ada disitu semua, padahal masih banyak film disitu yang belum aku tonton, padahal laboratorium risetku belum aku backup. aaaarrrgghhh !!!!!
Ya sudahlah, dari pada menghabiskan energi untuk meratap lebih baik energi itu digunakan untuk mencari solusi dari permasalahan ini. Maka dari itu aku mulai mengumpulkan informasi, menyaring dan menelaah diforum-forum yang akhirnya bermuara pada satu kesimpulan bahwa sipanjul sudah rusak :D
udinlagi.wordpress.com-mainboard acer
udinlagi.wordpress.com-mainboard acer
Beginilah ciri-ciri penyakit dan kerusakan yang diderita oleh si panjul laptopku yang akan ku jelaskan menggunakan teori penjabaran fisika yang biasa kita pelajari saat SMP:
Diket:
1. Ketika dihidupkan power led tetap menyala
2. suara kipas mengeras sebentar untuk kemudian diam tak bergerak
3. layar LCD gelap total
Ditanya:
1. Apa yang rusak ?
2. Kenapa mengalami kerusakan seperti itu ?
3. Bagaimana cara memperbaiki kerusakan tersebut ?
Dijawab:
Terdapat beberapa kemungkinan kerusakan jika memperhatikan ciri-ciri yang diketahui seperti diatas yaitu:
  1. Kerusakan pada VGA chipset, kabel flexibel, inverter atau LCD
Kerusakan ini terjadi karena panas yang dihasilkan oleh CPU tidak mengalir dengan baik didalam chasing. Bisa juga karena komputer terlalu panas, khususnya untuk CPU yang berlabel AMD seperti sipanjul.
Untuk mengecek kerusakan VGA tersebut dapat dilakukan dengan menghubungkan vga out dengan monitor atau LCD external bila gelap ada kemungkinan vga chip problem. Sedangkan bila menyala,  ada kemungkinan lcd, inverter, atau kabel flexibel. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik seperti inverter, lcd ataupun flexibel. Untuk cara ini rekomendasi bawa ke dokter untuk lebih detil.
Apabila kita perhatikan ada gambar tipis atau seperti banyangan di LCD, maka yang kemaungkinan rusak adalah lampu LCD (CCFL) ,  inverter atau flex.
Sehingga kondisi gelap atau mati belum tentu harus ganti LCD.
2. Kerusakan memory (RAM)
Kerusakan pada memory menyebabkan terputusnya alur pemrosesan data yang mengakibatkan hang nya sistem komputer. Karena kita tahu, RAM berfungsi untuk penyimpanan sementara proses data yang sedang berjalan. Sehingga jika RAM mengalami kerusakan, maka ALU gagal menyimpan data proses sementara tersebut.
Cara memperbaiki kerusakan:
Coba buka chasing laptop, dan lepaskan memory tersebut. Kemudian bersihkan menggunakan penghisap debu atau kain kering yang lembut. Jangan lupa bersihkan juga debu yang menempel pada grid tempat meletakkan memory tersebut. Karena kemungkinan memory hanya kotor oleh debu. Jika cara tersebut tidak berhasil, sayang sekali kita harus mengganti memory RAM nya :(

Facebook
Twitter
More...

0 comments:

Post a Comment